App Release: Alkitab Mobile

Alkitab Mobile

Meskipun sepi pengguna, Windows Phone tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Saya sendiri menggunakan Windows Phone karena ketahanan baterai yang sangat baik (Microsoft Lumia 640XL), kemudahan integrasi dengan berbagai layanan Microsoft, dan desain elegan. Kendala terbesar dalam menggunakan Windows Phone adalah keterbatasan app di Windows Store. Bila Anda menggunakan Windows Phone untuk kepentingan non-bisnis, biasanya akan kesulitan mendapatkan app yang sesuai kebutuhan.

Mengapa app Alkitab? Karena di era yang serba digital ini orang-orang sudah tidak mau repot membawa media cetak (penjelasan yang sangat mainstream). Saya sudah mencoba beberapa app Alkitab di Windows Phone, tetapi selalu terbentur tiga masalah berikut: tidak tersedia versi Bahasa Indonesia, terdapat banyak bug pada app, atau desain tidak user-friendly. Untuk menghemat umur, saya putuskan untuk membuat app Alkitab sendiri.

Fitur-fitur yang dimiliki Alkitab Mobile:

  • Omnibox, kombinasi navigasi Alkitab dan pencarian ayat dengan fitur auto-complete. Lebih mudah digunakan dibanding combobox tradisional yang mengharuskan pengguna melakukan scroll untuk mencari kitab, pasal, dan ayat. Contoh: ketik “Kej 1:1” di Omnibox untuk menuju ke Kejadian pasal 1 ayat 1, ketik “Musa dan Harun” untuk menuju ayat yang mengandung kata tersebut.
  • Tombol navigasi pasal (next dan previous). Dengan menggunakan tombol navigasi, lebih mudah menuju pasal selanjutnya atau kembali ke pasal sebelumnya dibanding harus kembali melakukan pencarian.
  • Desain minimalis dan optimal untuk membaca. Layar Anda tidak lagi dipenuhi dengan tombol-tombol ataupun menu yang tidak Anda gunakan.
  • Pilihan ukuran font dan bahasa. Ubah ukuran font ke ukuran yang paling nyaman untuk mata Anda. Saat ini tersedia pilihan Bahasa Indonesia (Indonesia Terjemahan Baru) dan English (King James Version). Pilihan bahasa lain akan ditambahkan di update yang akan datang.

Detail lebih lanjut dan screenshot dapat dilihat di Windows Store. Tinggalkan kritik dan saran di halaman review Windows Store atau komentar di post ini.
Download from Windows Store

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan komentar